Bandengan Beach / Pantai Bandengan



Bandengan Beach or more known by the public society with Tirta Samudra Beach placed about 7 km North side from city centre. The beach that has pure water and white sand is suitable for bathing place. There are many tourists come into this object to do intentional bathing frequently. Generally they are children, youngsters and foreign countries tourists. Usually, the most favourite moment is in the morning and in the evening toward twilight where there is mesmerizing sunset panorama.In this location, we can sit and relax on the shelter while enjoy the natural beach breezy wind (unpolluted).

The tourism object location has large field and the whole of part the dence pandan trees are grown. It is suitable for youngsters activities such as camping, beach volley, relax bicycled for the same activities. Besides the mentioned above, in this area can be used the play motocross and kitten festival for the regional level, national level also international. The object can be reached easily by public transportation, because have provided the asphalt road infrastructure and the direct city transportation are a valuable to the location above. Meanwhile, roasted fish, small crab, boiled tortoise shell and pending sprain are a special foods that can be enjoyed by the visitors.

HISTORY

Based on history record, Bandengan Beach has tight correlation with the life of National Hero and Woman Emancipation figure, RA Kartini. The mentioned beach was interesting place for the sons and daughters of Jepara Regency Regent, because there were may sweet memorizes there. The energetic girl who was usually calls TRINIL often made a tour to the Bandengan beach when she was child. She played with her family in the edge of beach that the white sand spread out. RA Kartini described her heart and soul as if she was one to the sea wave pounding when she wrote letters to Stella, her friend in Holland.

Netherlands Indies Aristricrate, Mrs. Ovink Soer (Assistance Residence wife) with her husband invited Kartini and her little sisters Roekmini and Kardinah to enjoy the beach beauty in the first vacation toward promotion of the class. Kartini and her two little sisters followed Mrs. Ovink Soer find shell and they chased each other to avoid the wafe. Mrs. Ovink Soer asked to Kartini what the beach name was. Kartini answered shortly “Bandengan Beach”. Then Mrs. Ovink Soer said that there was beach that almost the same with Bandengan Beach in Holland, but there was little different because it had cool water the name is SCHEVENINGEN. Spontaneously, after listening, Kartini intermitted “…so, we called It…” this Bandengan Beach with “KLEIN SCHEVENINGEN”.

Started the above mentioned, until now Bandengan Beach Has been known as KLEIN SCHEVENINGEN (in Dutch KLEIN means: beach and SCHEVENINGEN is the beach name in Holland).

Besides Bandengan beach was the place where had carved the history journey of RA Kartini idea. In this place RA Kartini and Mr. Abendanon also conducted four eyes conversation. The conversation connected her request to study in Holland, even finally her formal request to Netherlands Indies Government was reversed and the cost of her study was given to young man from Sumatera, Agus Salim (KH. Agus Salim).

While it was narrated that Bandengan beach tourism object had correlated with the legend of Karimunjawa name. In that legend had been stated that because it was motivated the sense concern about his son naughtiness, therefore Sunan Muria instructed his son Amir Hasan to go to the North for an island that appeared “Kremun-kremun” from the peak of Muria Mountain. The journey aim was too deep once to develop the religion. Latter the Island had been named Karimunjawa. That arrived to the beach in the journey and there were many swamps and milkfishes there. Until now this place had been named Bandengan village and the beach which place in the village had been called Bandengan Beach.

Sejarah Pantai Bandengan


Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan Muria yaitu Amir Hasan saat akan berpergian mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan. Pantai yang ada di desa tersebut akhirnya dinamakan Pantai Bandengan.

Di pantai ini juga menjadi tempat favorit Pahlawan Nasional yang memulai emansipasi wanita yaitu R.A. Kartini yang merupakan putri Bupati Jepara pada saat itu. R.A. Kartini sering berwisata ke pantai ini bersama para bangsawan Belanda pada masa itu.

Pantai Pasir Putih yang Rimbun

Anda dapat menikmati panorama pantai yang jernih dan berpasir putih. Selain itu, Anda juga dapat menikmati rimbunnya pepohonan pandan atau pohon perdu di sepanjang pesisir Pantai Bandengan Jepara atau yang dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudera. Pantai Bandengan memiliki struktur pantai yang landai dan air yang jernih dan bersih. Karena itu pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, bermain voli pantai, berperahu, atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.

Selain itu, kondisi pantai utara Jawa relatif tenang membuat pantai ini relatif aman untuk menikmati permainan di pinggir laut maupun berenang. Bahkan pada saat Anda mencelupkan diri ke air laut yang bening, Anda dapat melihat ikan-ikan kecil sedang berlarian di dasar air laut.

Pantai Bandengan sering dikunjungi karena suasana alamnya yang unik. Anda dapat menemukan suasana pantai pasir putih yang luas. Kemudian Anda juga dapat menikmati keindahan air laut yang jernih. Serta yang menarik adalah hamparan pepohonan yang rimbun dan hijau di sekitar pantai. Tentu ini membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman. Keindahan pantai di sini mampu menyaingi keindahan pantai di Bali.

Anda juga dapat mengunjungi pulau di tengah laut dari Pantai Bandengan. Pulau yang dapat Anda kunjungi dari sini yaitu Pulau Panjang. Di pulau ini Anda dapat menyaksikan kekayaan alam yang indah yaitu flora dan fauna yang menarik. Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan biaya yang relatif murah. Anda juga dapat berkeliling pantai dengan menyewa perahu atau kapal yang siap mengajak Anda berkeliling pantai sambil menikmati keindahan alam di Pantai Bandengan.

Sunset Di Pantai Bandengan

Seusai menikmati berbagai permainan yang menyenangkan di Pantai Bandengan hingga menjelang senja, tibalah saatnya Anda menikmati pertunjukkan yang memukau di pantai ini. Ini adalah pertunjukkan alam yang menakjubkan, yaitu proses terbenamnya matahari atau sunset. Anda dapat mengagumi keindahan matahari saat menuju perhentiannya di senja hari. Pantulan cahaya matahari yang meredup terlihat di air laut dengan ombak yang tenang di Pantai Bandengan ini. Momen seperti ini sering diabadikan oleh para fotografer yang kebetulan mampir di Pantai Bandengan Jepara.

Anda juga dapat menikmati panorama matahari terbenam atau sunset ini sambil menikmati makanan yang disajikan di restoran yang ada di bibir Pantai Bandengan. Salah satu restoran yang cukup terkenal di pantai ini adalah Sunset Beach Restaurant yang didirikan oleh warga negara Italia yang memiliki istri penduduk setempat. Restoran ini sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Anda dapat menikmati pizza yang merupakan makanan khas Italia, seafood maupun masakan Indonesia sambil menikmati keindahan panorama sunset dan mendengar deburan ombak di pinggir pantai. Jika Anda makan di salah satu restoran di Pantai Bandengan, maka Anda dapat masuk secara gratis ke obyek wisata Pantai Bandengan.

Jika Anda lelah dan ingin beristirahat, di Pantai Bandengan juga ditawarkan vila atau tempat penginapan yang bisa disewa. Setelah beristirahat malam hari, pada pagi hari Anda juga dapat menikmati sajian panorama matahari terbit di Pantai Bandengan.

Obyek wisata Pantai Bandengan tidak sulit untuk dikunjungi. Pemerintah Kabupaten Jepara telah menyediakan fasilitas jalan yang baik serta transportasi yang mudah menuju obyek wisata Pantai Bandengan. Jadi, jika Anda sedang berada di Jawa Tengah, tidak ada salahnya Anda mampir ke Jepara. Sambil melihat keindahan ukiran khas Jepara, Anda juga dapat mampir ke obyek wisata andalan Kabupaten Jepara yaitu Pantai Bandengan atau yang juga dikenal sebagai Pantai Tirta Samudera.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts